Pages

Subscribe:

20 November 2009

Alltronix ALX1001-MARS : Dingin, Berlapis Chrome


Nama Alltronix mungkin lebih akrab dikenal sebagai produsen aksesoris PC. Namun seiring berkembangnya perangkat mobile, Alltronix pun merilis netbook dengan nama ALX1001-MARS. Seperti pendatang baru lain, Alltronix mencoba memikat pengguna dengan harga yang kompetitif. Tidak tanggung-tanggung, netbook ini dibandrol di angka Rp. 3 juta pas, menjadikannya salah satu netbook paling murah saat ini.
Padahal secara spesifikasi, netbook ini tidak jauh berbeda dengan netbook lain. Prosesornya menggunakan Intel Atom N270, memori DDR2-1GB, serta harddisk 160GB.
Fasilitasnya pun memenuhi standar, seperti WiFi, Ethernet, webcam, dan slot kartu memori tanpa sistem operasi. Kalaupun ada yang kurang adalah kapasitas baterainya yang cuma 2200 mAh, membuat netbook ini memiliki nafas yang pendek. Saat kami uji, netbook ini cuma bisa bertahan 1,5 jam saat memainkan film HD. Namun untuk pengujian yang memeras kinerja komponen, netbook ini tampil cukup bagus (lihat tabel).
Namun harganya yang begitu kompetitif itu memang menyimpan beberapa kekurangan, salah satunya di sisi fisik. Tampil dengan balutan warna putih, casing netbook ini terlihat kurang istimewa. Kami juga dapati fabrikasi yang kurang rapi, terlihat dari colokan daya yang keras saat dimasukkan dan beberapa tombol keyboard yang sedikit miring.
Bicara keyboard, netbook ini memiliki 83 tombol keyboard termasuk tombol navigasi Home dan End. Ukuran tombol utama sekitar 15x15 mm, sementara tombol Function 13x4 mm. Meski jarang menggunakan tombol Function, kami dapati ukuran tersebut sangat mungil sehingga mungkin menyulitkan para pecinta shortcut. Kami sendiri berhasil membiasakan diri dengan keyboard netbook ini setelah mencoba beberapa lama, meski sedikit terganggu dengan suara keyboard yang terdengar berisik.
Layar LCD berukuran 10,2 inci Alltronix ALX1001-MARS ini cukup bagus. Ketika kami coba memutar video berformat HD, warna-warni yang ditampilkan cukup akurat. Brightness netbook berbobot 1,24 kg ini juga cukup tinggi sehingga bisa menampilkan gambar dengan cerah. Yang menarik adalah kita bisa menurunkan kadar brightness sampai level terendah sehingga tidak ada gambar lagi di layar. Ini akan menjadi feature bagus jika Anda ingin menghemat baterai tanpa harus mematikan netbook.
***
Anda memang harus sering-sering menghemat baterai karena Alltronix ALX1001-Mars ini memiliki kapasitas baterai yang kecil. Ini membuat nafasnya terbilang pendek dalam mode baterai sehingga menyulitkan jika harus jauh-jauh dari sumber listrik. Kami juga mencatat beberapa kekurangan di faktor fisik yang mengurangi kenyamanan penggunaannya. Namun dengan harga cuma Rp. 3 juta, netbook ini adalah pilihan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Setidaknya, inilah netbook yang tepat jika Anda memang terbentur faktor harga. (Alvino Octaviano – Kontributor)

Hasil uji: klik disini

Sumber:www.tabloidpcplus.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates