Pages

Subscribe:

10 Oktober 2009

Telebit QZ1001


Horee, beli netbook dapat DVD drive. Memang jarang ditemui netbook yang memberikan langsung DVD drive dalam paket penjualannya. Tak pelak, bila Anda menjumpai netbook besutan Telebit yang satu ini, pada seri QZ1001 terdapat tambahan beli netbook dapat DVD drive. Namun, sayangnya DVD ini masih berada diluar badan netbook dan belum melekat alias hanya berupa eksternal DVD.

Tetapi DVD drive ini sangat berguna sekali pada saat pertama kali Anda menyalakan netbook. Karena pada saat pertama kali masih belum terpasang sistem operasi, dan DVD drive ini bisa Anda manfaatkan untuk memasang OS ataupun software yang Anda sukai. Keuntungan yang lain, DVD drive bisa juga dimanfaatkan untuk memback-up data dengan melakukan pem-burningan.

Menengok fisiknya, dari tutup luar persegi panjang covernya dilapisi warna krom yang mengkilat pada ujung-ujung pembuka layar, yang menandakan kekokohan netbook ini pada desainnya. Daya tarik lainnya, terdapat pada klik kiri dan klik kanan mouse yang dihias dengan warna chrom pula. Tak ketinggalan warna chrom juga melekat pada kamera webcam yang terpasang, dan terpasang juga pada lingkaran sisi kiri dan kanan engsel netbook agar bisa lebih praktis dibuka-tutup.

Sebagai netbook yang mengusung prosesor intel atom N270. Telebit juga tak mau ketinggalan dengan produk vendor yang lain, vendor ini pun mengikuti tren pasar yang masih mengadopsi kapasitas hard disk sebesar 160 GB. Sementara untuk mengimbangi kinerja prosesornya, Telebit mengoptimalkannya dengan bantuan RAM yang masih berkapasitas 1GB. Selain itu, untuk memudahkan melihat spesifikasi hardware apa saja didalamnya, Telebit juga sudah menyiapkan tempelan sticker yang terpampang disebelah kanan mousenya. Misalnya terdapat fasilitas wifi dan card reader.

Yang unik dibandingkan netbook lainnya, telebit memiliki dua speaker internal tetapi dipasang berjauhan. Dipasang pada ujung kiri dan ujung sebelah kanan. Sementara pada bagian sisi kirinya dipadati oleh bermacam-macam colokan, mulai dari 3 USB yang berjajar rapi sampai colokan untuk kabel power. Lain halnya bila menengok pada bagian sebelah kanan, terlihat sepi dan sengaja diberi ruang untuk lubang celah-celah aliran udara yang berfungsi untuk mendinginkan netbook.

***

Telebit QZ1001 memang beda dari netbook yang lain. Menambahkan DVD drive eksternal, dan bisa dilepas pasang melalui dua colokan USB (data dan power daya). Jika tidak diperlukan DVD drive ini bisa ditinggal dirumah untuk meringankan beban bawaan. Yang membuat kenyamanan dan idealnya sebuah netbook dan bisa memangkas biaya pembelian optical drive (DVD).

Akan lebih baik lagi bila Telebit memperbesar daya baterainya (walaupun bisa dicharge atau disambungkan ke aliran listrik). Sehingga bisa dipakai lebih lama bila berada diluar rumah dan bisa menghemat waktu pengisi ulang baterai. (alvino octaviano - Kontributor)

hasil uji coba : klik disini

Sumber : www.tabloidpcplus.com



0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates