Pages

Subscribe:

23 Januari 2010

Advan GT65: Memikat bagi yang Cekak


Meski notebook ringan jadi tren namun tak semua orang membutuhkan komputer yang selalu dijinjing ke mana-mana. Segmen ini biasanya membutuhkan notebook sebagai pengganti desktop untuk bekerja di meja dan lebih mementingkan kinerja serta harga dibandingkan desain yang manis. Kebutuhan inilah yang membuat notebook dengan layar besar dan bobot yang cukup berat tetap eksis, khususnya di tengah gempuran model kecil-ringan yang banyak dipromosikan vendor. Advan pun memerbarui model mereka untuk kelas ini, salah satunya lewat seri GT65.
Tak ada hal yang menarik dari desain GT65 karena bentuknya memang cenderung datar meski lapisan luar cover memakai bahan glossy yang mulus. Notebook dengan layar 14,1” ini juga cukup berat (2,5 kg) dan jelas tidak nyaman dibawa bepergian. Hal menarik muncul pada bagian keyboard di mana tombol-tombolnya tampak besar dan melebihi ukuran keyboard standar sehingga nyaman ditekan. Satu lagi kelebihan produk ini terletak pada penggunaan layar dengan pencahayaan LED yang membuat tampilan lebih cemerlang. Layar berlampu LED agaknya mulai banyak dimanfaatkan vendor sebagai keunggulan notebook mereka.
Faktor kinerja tampaknya juga lebih diutamakan pada GT65. Ini terbukti dengan penggunaan prosesor Intel T6570 2,1GHz dan harddisk berkapasitas 250 GB yang cukup lega. Namun penggunaan chipset SiS M672/968 kami duga tak akan mengoptimalkan kinerja notebook ini.
Seperti diketahui, sebagian chipset SiS memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan chip Intel meskipun harganya memang lebih murah. Dukungan chip grafis di GT65 juga mengandalkan SiS Mirage 3 yang setara dengan VIA Chrome 9 dibandingkan dengan GM965 (X3100) atau GL40 (X4500) dari Intel.
Advan tampaknya memangkas kelengkapan pada GT65 mungkin karena ingin menekan harga jualnya. Pada notebook ini tak ditemui slot Express Card dan juga port FireWire, fungsi Bluetooth, dan juga hilangnya fasilitas modem dial-up layaknya ciri khas jajaran produk Advan.
***
Jika disimpulkan, Advan GT65 merupakan notebook pengganti PC dengan dukungan mobilitas lebih baik. Kekurangan fasilitas di sana-sini menjadi faktor yang tidak kami sukai. Namun harganya yang terjangkau (Rp4,9 juta) jelas sangat memikat bagi mereka yang berkantong cekak. Notebook ini memang lebih ideal bagi mereka yang mementingkan aktivitas office dan Internet semata. Dengan demikian, game 3D tidak termasuk dalam daftar yang diperhitungkan di sini mengingat kemampuan olah grafis produk ini kurang memuaskan. Namun produk ini sudah cukup memadai untuk memainkan game sederhana yang tidak berat. Anda yang lebih berkonsentrasi pada pekerjaan pasti akan merasa cocok dengan kinerja-harga yang menarik pada Advan GT65 ini. (Deny Prasetyo)

Hasil pengujian :klik disini

Sumber:www.tabloidpcplus.com



1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas saya jug ounya notebook seperti diatas trusa saya lagi bingung cari drivernya ...bisa bantu gak>> terima kasih



gito
mr.gito@gmaij.com

Posting Komentar

 
Blogger Templates