Pages

Subscribe:

03 Desember 2009

MSI EX300x : Hiburan Terjangkau


Kamis, 26 November 2009 | 16:27 WIB
Sebelum Anda membaca keseluruhan artikel ini, ijinkan kami mengingatkan kembali notebook MSI seri EX300 yang dulu pernah mampir ke lab uji InfoKomputer. MSI EX300 adalah seri yang ada dalam jajaran notebook entertainment MSI. Anda bisa menemukan banyak fasilitas media di notebook ini, termasuk layar LCD TFT 13,3 inci” format lebar, slot HDMI, dan tentu saja tata suara ciamik dari Dolby. Selain itu, MSI juga membekali sejumlah fasilitas tambahan di EX300 terdahulu, seperti fingerprint reader untuk pengaman notebook, web cam beresolusi 2 megapiksel, slot Express Card, konetifitas WiFi dan Bluetooth, serta kartu grafis ATI Radeon HD3450 (DDR3 256MB).
Nah, seri EX300x tidak memiliki perbedaan jauh jika dibandingkan EX300. Hampir semua fasilitas standar di EX300 bisa Anda temukan di EX300x, salah satunya desain casing notebook yang masih menngadopsi bahan Magnesium Alloy. Lalu, apa sih beda kedua seri ini selain tambahan huruf x di akhir seri? Ternyata MSI melakukan perubahan di prosesor notebook. Jika sebelumnya MSI memilih Intel Core 2 Duo P8400, kini prosesor yang bercokol di EX300x adalah Intel Core 2 Duo P7350 berkecepatan 1,583GHz. Selain prosesor, kami juga menemukan perbedaan lain yang cukup mencolok. Ya, sistem operasi yang hanya berbekal Free DOS. Padahal, di seri sebelumnya Anda sudah bisa mendapatkan Windows Vista Home Premium siap pakai. Ketiadaan sistem operasi Windows dan seri prosesor yang di-downgrade ini tidak lain untuk menempatkan EX300x di kelas notebook entertainment ekonomis sekaligus memberi pilihan lebih banyak terhadap para pecinta notebook multimedia.
Terus terang kami penasaran dengan kinerja EX300x setelah mengalami penurunan seri prosesor. Pengujian pun dilakukan dengan beberapa aplikasi untuk mengukur beragam parameter, seperti kecepatan prosesor dan daya tahan baterai. Nilai total sistem yang kami dapat dari 3DMark 2006 adalah 2018, atau 48 poin lebih rendah dibanding EX300 (2066). Sedangkan PCMark Vantage memberikan nilai 2884 untuk EX300x, atau 669 poin lebih rendah dibanding EX300 (3553). Untungnya, penurunan poin pada kinerja ini dikompensasi dengan kekuatan baterai yang lebih baik. Ini terlihat saat pengujian menggunakan aplikasi Baterai Eater 05, dimana EX300 bisa bertahan hingga 2 jam lebih dibanding EX300 yang cuma bertahan 1 jam dan 43 menit.
Baterai yang bisa bertahan lebih lama memang menjadi kabar baik untuk EX300x. Namun, kami tetap merasa kurang nyaman dengan ukuran dan bobot baterai ini. Pasalnya, selain berat, desain baterai yang terlampau besar membuat baterai ini menonjol saat dipasang dan secara tidak langsung menambah ukuran panjang dari notebook.
Seperti seri sebelumnya, di EX300x juga disediakan tombol akses cepat berdesain soft touch untuk mengoperasikan beragam fasilitas notebook, seperti menghidupkan power, WiFi, Webcam, dan lain-lain. Meskipun agak menyulitkan buat Anda yang berjari besar, toh tombol-tombol ini cukup berguna dibanding jika dibuat dalam rupa switch kecil yang sering diletakkan di sisi bawah notebook.
***
Meskipun hampir tidak ada perubahan dari bentuk badan dan fasilitasnya, EX300x boleh dibilang sebagai produk pelengkap seri entertainment MSI, mengingat harga jual notebook ini jauh lebih murah dibanding saudara dekatnya itu. Hal ini tentu saja juga menjadi nilai tambah bagi Anda yang senang dengan sistem operasi alternatif nan murah seperti Linux, Solaris, dan sejenisnya tanpa harus mengorbankan dana untuk sistem operasi bawaan berlisensi. (Brama Setyadi)

Hasil uji:klik disini

Sumber:www.tabloidpcplus.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates