Pages

Subscribe:

29 Juli 2009

Asus P552W


Agaknya ada tren baru di kalangan PDAphone berlayar sentuh, yaitu menggunakan antarmuka khusus sebagai Home Screen. Antarmuka ini pada dasarnya adalah aplikasi di atas sistem operasi Windows Mobile, berfungsi untuk memudahkan pengaksesan menu dan navigasi. Tren ini dimulai dari HTC dengan TouchFLO-nya, lalu berlanjut ke sejumlah vendor seperti Samsung dengan TouchWiz atau Sony Ericsson dengan XPanel.

Kini, Asus pun seolah tidak mau ketinggalan dengan tren tersebut. PDA Phone terbaru mereka, P552w, juga menggunakan antarmuka serupa yang dinamai Glide UI. Ini tampak dari sederetan icon di bar paling bawah pada tampilan default. Kita tinggal "menggesek" bar untuk memilih icon, lalu mengetuk icon tersebut untuk membuka tab.

Tidak berhenti di situ, Asus juga memasukkan antarmuka yang dinamainya Multi-Home dan Anytime Launcher. Multi-Home merupakan home screen yang bisa dipilih sesuai suasana hati. Dengan mengetuk icon mirip segitiga di pojok kanan atas layar, akan dimunculkan 3 pilihan tampilan home screen. Kita tinggal menggeser untuk memilih, lalu mengetuk untuk mengaktifkannya. Sedangkan Anytime Launcher akan menampilkan pintasan ke berbagai aplikasi favorit. Untuk berpindah antarlayar, kita tinggal menggeser layar ke kiri atau ke kanan.

Satu lagi yang menarik dijajal adalah Gester. Ini merupakan navigasi virtual di layar untuk mengendalikan arah maupun pengoperasian aplikasi dari layar hanya dengan satu gerakan sederhana. Berdasarkan pengamatan kami, Gester memegang peranan penting, mengingat semua antarmuka yang diperkenalkan Asus akan memerlukan pengendalian layar sentuh yang memadai.

Desain Asus P552w ini sendiri mengingatkan kami pada ponsel HTC Touch 3G. Perbedannya, P552w memiliki tombol lebih banyak di sisi bawah layar sentuh; ada tombol Call, Anytime Launcher, navigasi 4-arah plus tengah, OK, dan End call. Sementara stylus-nya tersimpan di siku kanan atas casing. Seperti biasa, layar sentuh pasti rawan terpencet secara tidak sengaja. Untungnya Asus sudah memasang pengaman berupa saklar geser (yang ada di sebelah kanan casing). Kita tinggal menggeser saklar ini ke atas, dan layar akan aman dari sentuhan tidak disengaja.

Kinerja Windows Mobile 6.1 Professional terasa mantap dengan dukungan prosesor berkekuatan 624MHz. Kapasitas storage P552W masih bisa ditambah. Tapi untuk melakukannya akan sedikit repot, sebab slot MicroSD persis bertumpuk di bawah bawah slot SIM. Asus juga memasukkan EziPhoto untuk viewer foto dan EziMusic untuk player musik sebagai aplikasi bonus. Speaker bersebelahan dengan kamera. Kualitas suaranya sama seperti rata-rata PDAphone. Tombol volume 2-arah ada di kiri bodi.

Sedikit kami sayangkan, fasilitas 3.5G hanya dimaksimalkan untuk transfer data; tak bisa dipakai untuk video call. Demikian pula fasilitas GPS; tak bisa langsung dipakai sebab Asus hanya menyediakan port GPS.

***

Dengan ketersediaan fasilitas yang terbilang standar, bagi kami peranti ini takkan langsung menarik perhatian. Namun bagi yang senang gonta-ganti background dan memainkan jemari di layar sentuh, Asus P552w akan memuaskan hati. (Septyarini)

Plus : Home screen bisa digonta-ganti
Minus : Tak bisa video call, hanya memberi port GPS




Spesifikasi Asus P552w : klik disini




0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates