Pages

Subscribe:

29 Agustus 2009

Advan G2T-64S


Seperti juga tren casing glossy yang halus mulus pada notebook masa kini, Advan G2T-64S juga tampil tak kalah licin meski pelapisan luks ini lebih pada cover-nya saja. Intinya, Advan ingin agar G2T-62 ini menjadi notebook ringan yang tak kalah gaya namun tetap terjangkau kantong Anda. Ya, di antara notebook sejenis lainnya model dari Advan ini memang tergolong paling ekonomis, sesuai untuk Anda yang memang mencari notebook yang lebih mengedepankan faktor kinerja plus harga.

Namun kalau mau dibilang secara gamblang, Advan terlalu membesar-besarkan desain G2T-64S yang disebut mereka berdesain elegan dan bergaya. Klaim tersebut mungkin lebih berlaku pada bentuk luar saja karena begitu menengok/membuka bagian dalamnya, kesan mewah tersebut seakan lenyap. Layar 12,1” yang digunakan memang memakai teknologi DCS (Digital Crystal Screen) yang membuat tampilannya tajam. Namun penampilannya jadi kurang seimbang dengan tampilan keyboard dan touchpad-nya. Bagian input tersebut justru tampil biasa saja, apalagi kunci-kunci dan tombol touchpad tidak terlalu empuk ditekan alias kurang nyaman.

Dalam hal kelengkapan, Advan G2T-64S sudah mencukupi sebagaimana feature standar pada sebut notebook. Adanya tambahan port HDMI dan shortcut multimedia sentuh memang menjadi nilai tambah yang baik. Namun, beberapa kekurangan tetap muncul misalnya pada port USB yang hanya berjumlah 2 buah dengan letak saling berjauhan. Ini jelas bakal menyulitkan koneksi ke beragam gadget pendukung. Webcam 1,3 megapixel yang diklaim bersensor bagus nyatanya kurang tajam menangkap obyek di depan notebook. Seri ini juga belum menyertakan koneksi Bluetooth meskipun kunci untuk feature ini telah disediakan. Agaknya, harga yang murah memang membuat notebook ini memangkas beberapa feature yang terkadang kurang diperlukan.

Meski terbilang “kurang bersolek”, Advan G2T-64S mengusung prosesor kelas “lumayan” yakni Core 2 Duo T6400 2 GHz dengan FSB 800 MHz. Prosesor ini setingkat di atas T5750 dengan clock yang sama pada seri mereka sebelumnya, G2T-75 (namun dengan FSB lebih rendah yakni 667MHz). Komponen penyerta lainnya masih tergolong standar seperti memori DDR2 1 GB dan harddisk 160 GB. Untuk grafisnya, notebook hanya mengandalkan chip Intel X4500 yang lazim pada notebook mainstream sekarang ini.

Untuk mereka yang lebih mementingkan komputasi mobile untuk aktivitas office, Internet, atau hiburan ringan, semestinya Advan G2T-64S sudah memuaskan. Namun Anda yang mengutamakan detil dan kelengkapan fungsi mungkin akan sedikit kecewa. Untuk mengetahui unjuk kerjanya, Anda bisa lihat pada tabel di bawah ini. Semestinya gambaran pada tabel tersebut memang tampak wajar untuk notebook ringan dengan kisaran harga Rp6-jutaan. (Deny Prasetyo)

Hasil pengujian : klik disini

Sumber : www.tabloidpcplus.com




0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates